DIGITAL BRANDING
Digital branding banyak diterapkan oleh bisnis saat
ini. Pasalnya metode marketing ini, sangat efektif untuk membangun kepercayaan
pelanggan dan menjadi pembeda dengan kompetitor.
Terlebih di era saat ini, banyak konsumen mencari
informasi melalui internet. Bahkan sebagian dari mereka juga menyukai
berbelanja secara daring. Oleh karena itu, membangun digital branding sangatlah
penting untuk bisnis.
Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui digital
branding secara mendalam serta strategi ampuh untuk mengenalkan bisnis Anda
secara online. Yuk, pelajari selengkapnya pada ulasan di bawah ini.
Apa itu Branding?
Branding adalah upaya yang dilakukan bisnis untuk
membuat usahanya dikenal publik dan membedakan dirinya dari kompetitor.
Branding biasanya ditampilkan dalam bentuk kalimat, desain, atau ide yang
membuatnya mudah dikenali oleh publik.
Disi lain, bisa dikatakan bahwa branding merupakan
strategi kreatif untuk menunjukkan kepada calon pelanggan mengenai siapa Anda,
apa yang Anda kerjakan, apa yang Anda aware, dan mengapa begitu penting untuk bekerjasama dengan Anda
· Pengertian Digital Branding
Digital Branding adalah proses membangun cerita dan
kehadiran brand Anda di ruang digital. Oleh karena itu, proses ini dilakukan
melalui website, aplikasi, sosial media dan sejenisnya.
Digital branding adalah kunci untuk membangun hubungan
yang bermakna dengan target audiens Anda secara online. Anda juga dapat dengan
mudah mengenalkan produk Anda ke pelanggan dengan memanfaatkan jaringan
internet.
Setelah digital branding berhasil Anda bagun, akan
memudahkan langkan Anda kedepannya. Misalnya untuk menjalankan strategi
marketing baik untuk mengenalkan produk baru atau penawaran khusus lainnya
seperti diskon, paket bundling dan lainnya.
·
Kenapa Digital Branding Penting?
Sebagian besar orang mencari informasi melalui
internet. Hal ini menjadikannya penting bagi brand untuk menjangkau target
pelanggan dan mengubahnya menjadi loyalis jangka panjang.
Namun sebelum itu, bisnis harus bisa membangun digital
branding yang kuat agar bisa menjangkau target pelanggan mereka. Pasalnya,
digital branding memungkinkan perusahaan mana pun untuk mmenonjolkan
keberadaannya dikenal di mana saja, bahkan hanya melalui telepon gengam Anda.
Selain itu, masih ada banyak alasan pentingnya digital
branding seperti berikut:
– Membangun interaksi baik dengan pelanggan
Anda bisa memanfaatkan digital branding untuk
membangun “image” bisnis Anda ramah terhadap pelanggan. Dimana pelanggan lebih
mudah untuk berinteraksi dengan Anda melalui branding yang Anda bangun secara
online. Misalnya Anda bisa membuat storytelling yang menceritakan produk Anda
melalui GIF atau konten-konten interaktif. Kemudian pada konten tersebut, calon
pelanggan diajak interaksi dengan menjawab pertanyaan yang Anda berikan.
– Memorable
Anda bisa membuat konten-konten untuk untuk membangun
brandi Anda. Setelah itu Anda bisa membagikan konten tersebut kesemua platform
media sosial Anda agar mudah diingat oleh pelanggan. Selain itu Anda juga bisa
mengikuti tren yang sedang booming di internet.
– Mengenalkan brand Anda
Seperti yang dibahas sebelumnya, internet merupakan
cara terbaik untuk mengenalkan brand Anda. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk
mengenalkan keunikan produk Anda sehingga bisa menonjol dibandingkan dengan
kompetitor.
– Memperluas networking
Bebeda dengan branding konvensional, dengan digital
Anda tidak dibatasi oleh wilayah dan waktu. Hal ini sangat menguntungkan, sebab
Anda bisa menjangkau lebih banyak koneksi. Dengan begitu, membuka kesempatan
Anda untuk bekerjasama dengan lebih banyak bisnis lainnya.
·
Apa Perbedaan Digital Branding dengan
Digital Marketing?
Terkadang sulit membedakan antara digital branding
dengan digital marketing. Namun perlu Anda ketahui bahwa ada perbedaan secara
mendasar antara keduanya. Digital marketing fokus promosi atau menjual produk,
sedangkan digital branding fokus meningkatkan citra suatu brand kepada audiens.
Untuk memudahkan Anda, berikut perbedaan antara
digital marketing dengan digital branding sebagai berikut:
a) Digital
Branding
Fokus Membentuk
citra sebuah brand
Objektif Mempertahankan
interest pelanggan
Meningkatkan loyalitas pelanggan
Strategi Digital branding berlaku secara permanen
b) Digital
Marketing
Promosi produk atau jasa
Mendapat atensi pelanggan (brand awareness)
Meningkatkan penjualan
Digital marketing tergantung pada beberapa faktor dan
sifatnya periodic
No comments:
Post a Comment